1. Isi teks ceramah mengandung ….
a. kalimat ambigu
b. kebenaran
c. tujuannya tidak jelas
d. kebohongan
e. opini
2. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan
baik dan benar serta jelas disebut ….
a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. nada
e. irama
3. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah,
kecuali ….
a. wawasan pembicara
b. mengetahui lama waktu
c. menyusun kata-kata
d. mengetahui jenis ceramah
e. tidak menyiapkan bahan
4. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah ….
a. tujuannya jelas
b. mengandung opini saja
c. isinya mengandung kebenaran
d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar
e. menciptakan suasana yang efektif
5. Ceramah dilakukan oleh ….
a. pendengar
b. audiens
c. pendakwah
d. pidato
e. pembicara
6. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu
adalah ….
a. ceramah
b. pidato
c. dakwah
d. seminar
e. presentasi
7. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan
apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal
tersebut disebut ceramah ….
a. khusus
b. umum
c. illegal
d. luar
e. dalam
8. isi teks ceramah mengandung ….
a. kalimat ambigu
b. kebenaran
c. tujuannya tidak jelas
d. kebohongan
e. opini
8. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah,
kecuali ….
a. wawasan pembicara
b. mengetahui lama waktu
c. menyusun kata-kata
d. mengetahui jenis ceramah
e. tidak menyiapkan bahan
10. Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan
keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan
susah payah telah membesarkan dan membimbing kita,
sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini.
Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh
sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita.
Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang
yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran
mutiara yang tak ternilai harganya.
Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk
berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan
kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk
meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak.
Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang
saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita
sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan.
Teks tersebut termasuk teks ….
a. pidato
b. ceramah
c. eksplanasi
d. cerpen
e. eksposisi
11. Berikut yang merupakan pengertian ikhtisar adalah…
a. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak
harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam
bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah
wacana.
b. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun
tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang
pengarang asli
c. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang
harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan
dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema
sebuah wacana
d. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun
tidak tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang
pengarang asli
e. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang
harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan
dalam bahasa pembuat ikhtisar dengan mengubah tema
sebuah wacana
12. Perbedaan ringkasan dan ikhtisar adalah….
a. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang
membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar,
sedangkan ringkasan tetap memperlihatkan sosok dasar
dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar
yang melandasinya
b. Ikhtisar tetap mempertahankan urutan gagasan yang
membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar
sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar
A 10
dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar
yang melandasinya.
c. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang
membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar,
sedangkan ringkasan belum memperlihatkan sosok dasar
dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar
yang melandasinya
d. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang
membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar,
sedangkan ringkasan akan memperlihatkan sosok dasar
dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar
yang melandasinya
e. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang
membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar,
sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar
dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar
yang melandasinya.
13
Tujuan penulisan ikhtisar adalah untuk..
a. mengambil inti dari sebuah bacaan, buku, atau
sejenisnya
b. memudahkan pembaca dalam membeli buku
c. menjabarkan sebuah karangan
d. memendekkan isi buku
e. Mengambil seluruh isi buku
14. Bicara soal mempercantik bulu mata, rasanya ganjil jika
tak menyebut maskara. Mastuta memang merupakan
salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik tampilan
bulu mata. Tak heran bila torehan mastuta berhasil
menciptakan citra bulu mata lentik memancarkan daya
pikat.Warna dasar mastuta adalah hitam, cokelat, dan
cokelat kehitaman. Warna cokelat menciptakan tampilan
warna naturaldan sering dipilih wanita dengan warna
kulit kuning langsat. Sementara mastuta hitam sering
dipilih kulit warna gelap
Ikhtisar yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah....
a. Mastuta merupakan kosmestik yang dapat
mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar
yaitu, cokelat, hitam dan cokelat kehitaman
b. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah mastuta
yang dapat memancarkan daya pikat dan memiliki
beraneka warna dasar
c. Mempercantik dengan mastuta dapat menciptakan
kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan memberikan
daya pikat
d. Mastuta adalah kosmetik untuk memperindah bulu
mata dan banyak dipilih pemilik warna kuning langsat
maupun kulit gelap
e. Torehan mastuta dapat mempercantik setiap wanita
yang memakainya dan menarik semua perhatian yang
melihatnya.
15. Cermati urutan menulis ikhtisar !
(1) Menulis ikhtisar.
(2) Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan
pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam
naskah.
(3) Mengedit ikhtisar dengan kaidah bahasa Indonesia
(4) Membaca naskah asli beberapa kali “setidak-tidaknya
dua kali”.
Urutan langkah-langkah menulis ikhtisar yang tepat
adalah.…
a.. (1)-(2)-(3)-(4
)
b. (2)-(4)-(1)-(3)
c. (3)-(4)-(2)-(1)
d. (4)-(2)-(1)-(3)
e. (4)-(2)-(3)-(1)
16. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata,
merupakan kegunaan dari.…
a. Ringkasan
b. Rangkuman
c. Kesimpulan
d. Sinopsis
e. Ikhtisar
17. Cermati teks beikut !
Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi
ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat dihormati
oleh para penengak hukum. “Tapi aku datang tidak
sebagai putramu,” kata pengacara muda itu, “Aku datang
kemari sebagai seorang pengacara muda yang ingin
menegakkan keadilan negeri yangsedang kacau ini.”
Pengacara tua yang bercambang dan berjenggot memutih
itu tidak terkejut. Ia menatap putranya dari kursi rodanya,
lalu menjawab dengan suara yang tenang dan agung.
“Apa yang ingin kamu tentang, anak muda?”
Pengacara muda tertegun, “Ayahanda bertanya
kepadaku?”
“Ya, kepada kamu, bukan sebagai purtaku, tetapi kamu
sebagai ujung tombak pencarian keadilan di negeri yang
sedang dicabik-cabik korupsi ini.”
Nilai moral yang terungkap dalam kutipan tersebut
adalah ....
a. sikap ayah yang tidak mengakui prestasi anaknya.
b. sikap seorang anak pengacara mudah yang tidak patuh.
c. seorang pengacara menegakkan keadilan dan
kebenaran.
d. sikap kukuh pengacara muda untuk menegakkan
keadilan.
e. seorang pengacara muda yang tidak menghormati
ayahnya.
18. Aku ingin membahagiakan Arai. Aku ingin berbuat
sesuatu seperti yang ia lakukan pada Jimbron. Seperti
yang selalu ia lakukan padaku. Aku sering melihat
sepatuku yang menganga seperti buaya berjemur tahutaku sudah rekat kembali, Arai diam-diam memakunya.
Aku juga selalu heran melihat kancing bajuku yang lepas
tiba-tiba lengkap lagi, tanpa banyak cincong Arai
menjahitnya
Keterkaitan hal yang ditemukan dalam kehidupan nyata
dalam kutipan novel tersebut adalah…
a. Setiap orang ingin membalas kebaikan sahabatnya
b. Setiap orang ingin berutang budi pada sahabatnya.
c. Setiap orang ingin melihat sahabatnya selalu
tersenyum
d. Setiap orang ingin mendapat yang terbaik dari
sahabatnya.
e. Setiap orang ingin memberikan yang terbaik pada
sahabat.
19. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran,
pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang
kita korbankan, pertukaran antara prinsip yang kita
pegang dan nama baik yang kita pertaruhkan.
Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang
kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang
kita anggap benar itu salah. Dalam pertukaran itu setiap
hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri- sendiri.
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah …
a. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran.
Dalam pertukaran itu kita membuat pilihan dan punya
risikonya sendiri-sendiri .
b. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran,
pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan
keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendirisendiri.
c. Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang
kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang
kita anggap benar itu salah
d. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran,
pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang
kita korbankan
e. Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan
dan keputusan, dan masing- masing punya risikonya
sendiri-sendiri.
20. Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup
menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal
dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar
menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini
selalu ada misteri yang tidak bisa dijelaskan.
Menerimanya dengan baik justru membawa kedamaian.
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah …
a. Seseorang tidak selamanya akan menetap dalam hati
kita
b. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya tidak ada
dalam impian kita
c. Adakalanya seseorang ada dalam hati kita namun tidak
ada dalam kehidupan kita
d. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya suatu saat
pergi dari kehidupan kita
e. Seseorang dalam hidup kita adakalanya kita bisa hidup
bersamanya sampai mati.
21.Biasanya buku-buku nonfiksi dibuat oleh....
dibidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu
pengetahuan yang dimilikinya.
a. perorangan
b. profesional
c. masyarakat umum
d. penulis
e. penyair
22. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari
pembuatan resensi buku fiksi dan buku nonfiksi,
kecuali.....
a. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan
penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya
lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang
diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut
diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan karya
dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi penilaian pada karya yang dibuat sendiri.
23. Buku motivasi biasanya dibuat oleh....
a. motivator
b. editor
c. komentator
d. pengamat
e. ilustrator
24. Novel termasuk dalam jenis buku....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. bacaan
d. teks pelajaran
e. pengayaan
25. Buku nonfiksi tentang bisnis biasanya dibuat oleh....
a. komentator
b. editor
c. pembisnis sukses
d. penulis buku
e. penghobi
26.Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau
cerita yang dibuat berdasarkan....
a. kenyataan
b. kesuksesan seseorang
c. khayalan atau imajinasi pengarang
d. ide penulis
e. hasil pemikiran pembaca
27.Perhatikan gambar berikut!
Buku-buku tersebut termasuk dalam jenis buku....
a. bacaan
b. teks pelajaran
c. pengayaan
d. fiksi
e. nonfiksi
28. Berikut ini termasuk hal-hal yang harus dicantumkan
dalam penyusunan data buku untuk keperluan resensi,
kecuali.....
a. judul buku
b. pengarang
c. kelebihan dan kelemahan buku
d. penerbit
e. tahun peerbi serta catatannya
29.Berikut ini termasuk hal-hal yang harus diperhatikan
dalam mereplikasi isi buku ilmiah dalam bentuk resensi,
kecuali....
a. Cari dan tentukan buku ilmiah yang akan dibuat resensi
b. Catatlah indentitas buku yang akan diresensi
c. Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan
buku, dengan cara membaca kata pengantar atau
pendahuluan buku
d. Tentukan kriteria umur pembaca
e. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
30. Berikut ini termasuk hal-hal yang dibahas pada bagian isi
resensi buku ilmiah, kecuali.....
a. sipnosis
b. ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya
c. keunggulan dan kelemahan buku
d. rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa
e. menilai hasil karya
31.Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk
…
a. bait
b. baris
c. dialog
d. prosal
32. salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah
…
a. Adanya alur
b. Adanya tema
c. Adanya amanat
d. Adanya imajinasi
e. Adanya gaya bahas
33. Pernyataa di bawah ini yang menunjukkan perbedaan
cerpen dan novel adalah ….
a. Novel tidak ada konflik sedangkan cerpen ada konflik
b. Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen
berbentuk prosa
c. Novel bercerita tentang seorang tokoh sedang cerpen
bercerita tentang pengalaman hidup
d. Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan
perubahan nasib, sementara novel sebaliknya
e. Cerpen dan novel masing-masing mempunyai tema
34. Salah satu unsur Instrinsik cerpen adalah …
a. Klimaks
b. Latar/Setting
c. Sajak
d. Typografi
e. Suspens
35. Salah satu unsur Ekstrinsik cerpen adalah
a. Gaya penyampaian cerita
b. Penokohan
c. Latar Budaya Pengarang
d. Tanggapan pembaca
e. Tampilan ilustrasi cerpen
36. Yang bukan termasuk puisi lama adalah …
a. Karmina
b. Gurindam
c. Pantun
d. Myte
e. Syair
37. “Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah
dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh,
alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya
kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi?
Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan
status Handoko yang ternyata belum mempunyai
pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini
mendukungku sekarang berbalik arah.
Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut
adalah …
a. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah.
b. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.
c. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
d. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia.
e. Kakak tidak mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko
38. Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas adalah …
a. Status Handoko yang sudah mempunyai istri.
b. Mama yang menginginkan menantu orang kaya.
c. Handoko yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
d. Mama yang mempersalahkan masa lalu Handoko.
e. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko
39. Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di
jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi
dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku
untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk
dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku,
datang kepadaku.
“Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual.
Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu.
Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica.
Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami
mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu
menuai hasil yang gemilang.
C 10
Tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah …
A. Ica
B. Bunda
C. Nanda
D. Seorang Siswa
E. Seorang penjual kios
40. Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di
jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi
dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku
untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk
dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku,
datang kepadaku.
“Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual.
Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu.
Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica.
Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami
mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu
menuai hasil yang gemilang.
Kata sepenuh hati dalam cerpen di atas bermakna …
A. Semangat
B. Percaya diri
C. Sungguh-sungguh
D. Ikhlas
E. Tabah