ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 11SMA/SMK

1. Isi teks ceramah mengandung …. 
a. kalimat ambigu 
b. kebenaran
c. tujuannya tidak jelas 
d. kebohongan
e. opini 
 
2. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas disebut …. 
a. artikulasi 
b. intonasi 
c. volume 
d. nada 
e. irama 
 
3. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali …. 
a. wawasan pembicara 
b. mengetahui lama waktu 
c. menyusun kata-kata 
d. mengetahui jenis ceramah 
e. tidak menyiapkan bahan
 
4. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah …. 
a. tujuannya jelas 
b. mengandung opini saja 
c. isinya mengandung kebenaran 
d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar 
e. menciptakan suasana yang efektif 

5. Ceramah dilakukan oleh …. 
a. pendengar
b. audiens 
c. pendakwah 
d. pidato 
e. pembicara
 
6. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah …. 
a. ceramah 
b. pidato 
c. dakwah 
d. seminar 
e. presentasi 

7. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah …. 
a. khusus 
b. umum 
c. illegal 
d. luar 
e. dalam
 
8. isi teks ceramah mengandung …. 
a. kalimat ambigu 
b. kebenaran 
c. tujuannya tidak jelas 
d. kebohongan 
e. opini 

8. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali …. 
a. wawasan pembicara 
b. mengetahui lama waktu 
c. menyusun kata-kata 
d. mengetahui jenis ceramah 
e. tidak menyiapkan bahan
 
10. Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya. Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak. Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan. 
Teks tersebut termasuk teks …. 
a. pidato 
b. ceramah 
c. eksplanasi 
d. cerpen 
e. eksposisi 

11. Berikut yang merupakan pengertian ikhtisar adalah… 
a. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana. 
b. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli 
c. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana 
d. penyajian singkat dari suatu karangan asli, namun tidak tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli 
e. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, tidak boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar dengan mengubah tema sebuah wacana
 
12. Perbedaan ringkasan dan ikhtisar adalah…. 
a. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tetap memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya 
b. Ikhtisar tetap mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar A 10 dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya.
c. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan belum memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
d. Ikhtisar mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan akan memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya 
e. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tidak memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. 
 
13 Tujuan penulisan ikhtisar adalah untuk.. 
a. mengambil inti dari sebuah bacaan, buku, atau sejenisnya 
b. memudahkan pembaca dalam membeli buku 
c. menjabarkan sebuah karangan 
d. memendekkan isi buku 
e. Mengambil seluruh isi buku 
 
14. Bicara soal mempercantik bulu mata, rasanya ganjil jika tak menyebut maskara. Mastuta memang merupakan salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik tampilan bulu mata. Tak heran bila torehan mastuta berhasil menciptakan citra bulu mata lentik memancarkan daya pikat.Warna dasar mastuta adalah hitam, cokelat, dan cokelat kehitaman. Warna cokelat menciptakan tampilan warna naturaldan sering dipilih wanita dengan warna kulit kuning langsat. Sementara mastuta hitam sering dipilih kulit warna gelap Ikhtisar yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah.... 
a. Mastuta merupakan kosmestik yang dapat mempercantik bulu mata dan memiliki tiga warna dasar yaitu, cokelat, hitam dan cokelat kehitaman 
b. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah mastuta yang dapat memancarkan daya pikat dan memiliki beraneka warna dasar 
c. Mempercantik dengan mastuta dapat menciptakan kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan memberikan daya pikat 
d. Mastuta adalah kosmetik untuk memperindah bulu mata dan banyak dipilih pemilik warna kuning langsat maupun kulit gelap 
e. Torehan mastuta dapat mempercantik setiap wanita yang memakainya dan menarik semua perhatian yang melihatnya. 
 
15. Cermati urutan menulis ikhtisar ! 
(1) Menulis ikhtisar. 
(2) Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah. 
(3) Mengedit ikhtisar dengan kaidah bahasa Indonesia 
(4) Membaca naskah asli beberapa kali “setidak-tidaknya dua kali”. 
Urutan langkah-langkah menulis ikhtisar yang tepat adalah.… 
a.. (1)-(2)-(3)-(4 )
b. (2)-(4)-(1)-(3) 
c. (3)-(4)-(2)-(1) 
d. (4)-(2)-(1)-(3) 
e. (4)-(2)-(3)-(1) 
 
16.  Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata, merupakan kegunaan dari.… 
a. Ringkasan 
b. Rangkuman 
c. Kesimpulan
d. Sinopsis 
e. Ikhtisar
 
 17. Cermati teks beikut ! 
Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat dihormati oleh para penengak hukum. “Tapi aku datang tidak sebagai putramu,” kata pengacara muda itu, “Aku datang kemari sebagai seorang pengacara muda yang ingin menegakkan keadilan negeri yangsedang kacau ini.” Pengacara tua yang bercambang dan berjenggot memutih itu tidak terkejut. Ia menatap putranya dari kursi rodanya, lalu menjawab dengan suara yang tenang dan agung. “Apa yang ingin kamu tentang, anak muda?” Pengacara muda tertegun, “Ayahanda bertanya kepadaku?” “Ya, kepada kamu, bukan sebagai purtaku, tetapi kamu sebagai ujung tombak pencarian keadilan di negeri yang sedang dicabik-cabik korupsi ini.” 
Nilai moral yang terungkap dalam kutipan tersebut adalah .... 
a. sikap ayah yang tidak mengakui prestasi anaknya. 
b. sikap seorang anak pengacara mudah yang tidak patuh. 
c. seorang pengacara menegakkan keadilan dan kebenaran. 
d. sikap kukuh pengacara muda untuk menegakkan keadilan. 
e. seorang pengacara muda yang tidak menghormati ayahnya. 
 
18. Aku ingin membahagiakan Arai. Aku ingin berbuat sesuatu seperti yang ia lakukan pada Jimbron. Seperti yang selalu ia lakukan padaku. Aku sering melihat sepatuku yang menganga seperti buaya berjemur tahutaku sudah rekat kembali, Arai diam-diam memakunya. Aku juga selalu heran melihat kancing bajuku yang lepas tiba-tiba lengkap lagi, tanpa banyak cincong Arai menjahitnya 
Keterkaitan hal yang ditemukan dalam kehidupan nyata dalam kutipan novel tersebut adalah… 
a. Setiap orang ingin membalas kebaikan sahabatnya 
b. Setiap orang ingin berutang budi pada sahabatnya. 
c. Setiap orang ingin melihat sahabatnya selalu tersenyum 
d. Setiap orang ingin mendapat yang terbaik dari sahabatnya. 
e. Setiap orang ingin memberikan yang terbaik pada sahabat. 
 
19. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang kita korbankan, pertukaran antara prinsip yang kita pegang dan nama baik yang kita pertaruhkan. Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah. Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri- sendiri. 
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah … 
a. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran. Dalam pertukaran itu kita membuat pilihan dan punya risikonya sendiri-sendiri . 
b. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendirisendiri. 
c. Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah 
d. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang kita korbankan 
e. Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing- masing punya risikonya sendiri-sendiri. 
 
20.  Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini selalu ada misteri yang tidak bisa dijelaskan. Menerimanya dengan baik justru membawa kedamaian. 
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah … 
a. Seseorang tidak selamanya akan menetap dalam hati kita 
b. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya tidak ada dalam impian kita 
c. Adakalanya seseorang ada dalam hati kita namun tidak ada dalam kehidupan kita 
d. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya suatu saat pergi dari kehidupan kita 
e. Seseorang dalam hidup kita adakalanya kita bisa hidup bersamanya sampai mati.
 
21.Biasanya buku-buku nonfiksi dibuat oleh.... dibidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. 
a. perorangan 
b. profesional 
c. masyarakat umum 
d. penulis 
e. penyair 

22. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku fiksi dan buku nonfiksi, kecuali..... 
a. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas. 
b. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi. 
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan. 
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya. 
e. Memberi penilaian pada karya yang dibuat sendiri.
 
23. Buku motivasi biasanya dibuat oleh.... 
a. motivator 
b. editor 
c. komentator 
d. pengamat 
e. ilustrator 

24. Novel termasuk dalam jenis buku....
a. fiksi 
b. nonfiksi
c. bacaan 
d. teks pelajaran 
e. pengayaan 

25. Buku nonfiksi tentang bisnis biasanya dibuat oleh.... 
a. komentator 
b. editor 
c. pembisnis sukses 
d. penulis buku 
e. penghobi
 
26.Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan.... 
a. kenyataan 
b. kesuksesan seseorang 
c. khayalan atau imajinasi pengarang 
d. ide penulis 
e. hasil pemikiran pembaca 

27.Perhatikan gambar berikut! Buku-buku tersebut termasuk dalam jenis buku.... 
a. bacaan 
b. teks pelajaran 
c. pengayaan 
d. fiksi 
e. nonfiksi
 
28. Berikut ini termasuk hal-hal yang harus dicantumkan dalam penyusunan data buku untuk keperluan resensi, kecuali..... 
a. judul buku b. pengarang 
c. kelebihan dan kelemahan buku 
d. penerbit 
e. tahun peerbi serta catatannya 

29.Berikut ini termasuk hal-hal yang harus diperhatikan dalam mereplikasi isi buku ilmiah dalam bentuk resensi, kecuali.... 
a. Cari dan tentukan buku ilmiah yang akan dibuat resensi 
b. Catatlah indentitas buku yang akan diresensi 
c. Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku 
d. Tentukan kriteria umur pembaca 
e. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
 
30. Berikut ini termasuk hal-hal yang dibahas pada bagian isi resensi buku ilmiah, kecuali..... 
a. sipnosis 
b. ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya 
c. keunggulan dan kelemahan buku 
d. rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa 
e. menilai hasil karya
 
31.Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
a. bait
b. baris
c. dialog
d. prosal  
 
32. salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah …
 a. Adanya alur
 b. Adanya tema
 c. Adanya amanat
 d. Adanya imajinasi
 e. Adanya gaya bahas
 
33. Pernyataa di bawah ini yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….
 a. Novel tidak ada konflik sedangkan cerpen ada konflik 
 b. Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen berbentuk prosa
 c. Novel bercerita tentang seorang tokoh sedang cerpen bercerita tentang pengalaman hidup
 d. Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan perubahan nasib, sementara novel sebaliknya
 e. Cerpen dan novel masing-masing mempunyai tema 
 
34. Salah satu unsur Instrinsik cerpen adalah …
 a. Klimaks
 b. Latar/Setting
 c. Sajak 
 d. Typografi 
 e. Suspens 
 
35. Salah satu unsur Ekstrinsik cerpen adalah 
 a. Gaya penyampaian cerita
 b. Penokohan 
 c. Latar Budaya Pengarang 
 d. Tanggapan pembaca 
 e. Tampilan ilustrasi cerpen  
 
 36. Yang bukan termasuk puisi lama adalah …
 a. Karmina 
 b. Gurindam
 c. Pantun 
 d. Myte
 e. Syair  
 
37. “Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
 a. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah. 
 b. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya. 
 c. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko. 
 d. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia. 
 e. Kakak tidak mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko  
 
38. Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas adalah … 
 a. Status Handoko yang sudah mempunyai istri. 
 b. Mama yang menginginkan menantu orang kaya.
 c. Handoko yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
 d. Mama yang mempersalahkan masa lalu Handoko. 
 e. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko 
 
39. Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang. C 10 Tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah … 
 A. Ica 
 B. Bunda
 C. Nanda 
 D. Seorang Siswa
 E. Seorang penjual kios
 40. Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang. Kata sepenuh hati dalam cerpen di atas bermakna … A. Semangat B. Percaya diri C. Sungguh-sungguh D. Ikhlas E. Tabah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama