SOAL ULANGAN HARIAN KELAS 10 SMK/SMA |
1. Berikut ini yang merupakan pernyataan umum atau tesis dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat …
a. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting
b. Masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu masalah Pendidikan
Indonesia
c. Jika dibandingkan dengan negara lain, Pendidikan di Indonesia bisa
dikatakan sangat tertinggal.
d. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan pendidikan yang seadanya.
e. Pemerintah menyediakan berbagai fasilitas Pendidikan
2. Sebelum menyunting teks eksposisi seseorang harus memahami dahulu dari
karakteristik teks eksposisi. Salah satunya adalah argumentasi bersifat satu sisi. Maksudnya adalah …
a. Penulis memiliki satu argument
b. Penulis tidak berat sebelah
c. Penulis memihak pada satu sisi, mendukung atau menolak
d. Penulis mendukung apa yang dibicarakan dalam tulisan
e. Penulis memaparkan masalah tanpa adanya fakta
3. Suatu teks untuk mengusulkan pendapat mengenai suatu hal yang di dalamnya
terdapat argument-argumen untuk menegaskan atau memperkuat pendapat tersebut. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari …
a. Teks narasi
b. Teks argumentasi
c. Teks persuasi
d. Teks eksposisi
e. Teks deskripsi
4. Di bawah ini merupakan struktur teks eksposisi, kecuali …
a. Pembuka
b. Tesis
c. Argumentasi
d. Pendapat
e. Rangkuman
5. Struktur teks eksposisi yang benar adalah …
a. Tesis - penegasan ulang pendapat – argumentasi
b. Penegasan ulang pendapat – tesis – argumentasi
c. Penegasan ulang pendapat – argumentasi – tesis
d. Tesis – argumentasi – penegasan ulang pendapat
e. Argumentasi – penegasan ulang pendapat – tesis
6. Perhatikan kutipan teks berikut! “Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok
consuming class”
Bagian struktur dalam kutipan teks eksposisi tersebut adalah …
a. Tesis
b. Argumentasi
c. Penegasan ulang
d. Fakta
e. Contoh
7. Evaluasi struktur isi dalam sebuah teks eksposisi bisa dilakukan dengan
memperhatikan hal-hal berikut, kecuali …
a. Pernyataan umum yang diungkapkan penulis
b. Kesimpulan dari seluruh informasi yang sudah dijalaskan penulis melalui
teks eksposisi.
c. Penegasan pendapat mengenai suatu masalah yang sedang dibahas.
d. Penggunaan Bahasa dalam mengemukakan informasi
e. Panjang pendeknya teks yang ditulis
8. Perhatikan teks berikut!
Saya yakin bahwa seluruh pemuda pemudi di desa ini bisa bangkit dari keterpurukan.
Salah satu caranya adalah dengan ditanamkannya jiwa mandiri dan semangat untuk
berkarya.
Kata yakin dalam kalimat tersebut termasuk verba yang menyatakan …
a. Persepsi
b. Argumentasi
c. Ekspektasi
d. Kondisi
e. Deskripsi
9. Bacalah teks eksposisi berikut!
Permasalahan utama yang tengah dihadapi oleh bagaimana tumpukan sampah di
sungai tersebut dibersihkan dalam waktu singkat. Ada dua pilihan yang bisa diambil
oleh pihak terkait. Menyewa peralatan berat yang canggih (…) membersihkan secara
manual tetapi dengan konsekuensi akan selesai dalam waktu yang lama.
Kata penghubung yang tepat untuk teks eksposisi di atas adalah …
a. Jika
b. Dengan
c. Dan
d. Atau
e. Serta
10. Di bawah ini yang merupakan kaidah kebahasaan teks eksposisi, kecuali…
a. Menggunakan kata ganti orang pertama
b. Menggunakan istilah
c. Menggunakan kata sifat
d. Menggunakan konjungsi
e. Terdapat gagasan pokok dan pendukun
11. Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan
mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal
berdasarkan …
a. Peneliti di lapangan
b. Cerita fiksi
c. Hasil observasi
d. Kejadian yang sebenarnya
e. Cerita kebohongan
12. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk …
a. Mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. Menghibur pembacanya
c. Menghilangkan stress
d. Refreshing dari berbagai aktivitas
e. Memberikan hasil pengamata
13. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali …
a. Bersifat menghibur
b. Menceritakan kejadian mengenai orang terkenal atau orang
penting
c. Bersifat mengejek seseorang
d. Terilhami dari kejadian nyata
e. Ditujukan untuk mengkritik atau menyindir
14. Cerita dalam teks anekdot biasanya diangkat berdasarkan …
a. Imajinasi bebas pengarangnya
b. Perenungan mendalam tentang kehidupan
c. Inspirasi yang datang dari hati
d. Kejadian nyata atau kisah tokoh penting
e. Pemikiran yang dangkal dan sembarangan
15. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!
Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan
blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya
nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling
parah kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin
semangat menyerahkan bingkisan.
Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah …
a. Pada malam Jumat, sejumlah politisi melakukan “blusukan”
ke daerah-daerah banjir.
b. Darman (Maaf bukan nama yang sebenarnya nama).
c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling
parah
d. Kebetulan disana banyak wartawan yang meliput
e. Wartawan blusukan ke daerah banjir
16. Bacalah kutipan teks berikut!
Seorang dokter muda masuk ke dalam ruang operasi di salah satu
rumah sakit. Di ruang tersebut, ia mendapati seorang pasien berwajah
pucat karena takut dioperasi. Dokter bertanya kepada pasien “Apa yang sedang anda rasakan?” Pasien menjawab, “Saya merasa sangat takut, Dok!” Dokter bekata, “Apa yang Anda rasakan saat ini sama dengan apa yang
sedang saya rasakan. Kita sama-sama baru masuk ke ruangan ini untuk
yang pertama kalinya.”
Humor dalam anekdot tersebut terletak pada …
a. Rasa takut yang dialami oleh pasien
b. Rasa takut yang dialami oleh dokter
c. Dokter dan pasien sama-sama takut
d. Ruangan operasi yang menakutkan
e. Operasi akan segera berlangsung
17. Perbedaan antara humor dan anekdot dari aspek isi adalah …
a. Humor isinya penuh candaan yang menggelitik, sedangkan
anekdot lebih serius dari itu.
b. Humor isinya hanya menghibur dengan kata-kata, sedangkan
anekdot kurang menghibur
c. Humor lebih singkat dalam penceritaannya, sedangkan
anekdot lebih panjang dari humor biasanya
d. Humor membahas kejadian fiksi yang imajinatif, sedangkan
anekdot kejadian fakta yang ilmiah
e. Humor membahas masalah sehari-hari, sedangkan anekdot
tentang tokoh publik yang bermasalah
18. Berikut ciri khas teks anekdot adalah …
a. Bersifat sindiran dan lucu
b. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. Terilhami dari kejadian nyata
d. Anekdot dekat dengan pantun
e. Bersifat menghibur
19. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek …
a. Isinya
b. Struktur teksnya
c. Unsur kebahasaannya
d. Makna tersirat
e. Makna tersurat
20. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki …
a. Unsur kebahasaan
b. Struktur teks
c. Struktur dan isi teks
d. Unsur lucu/jengkel/konyol
e. Unsur memengaruhi
21. Perhatikan ilustrasi berikut:
1. Koda
2. Krisis
3. Abstraksi
4. Reaksi
5. Orientasi
Urutan struktur teks anekdot yang tepat ialah …
a. 3-4-2-5-1
b. 3-5-2-4-1
c. 2-4-3-5-1
d. 5-3-1-2-4
e. 3-1-2-4-5
22. Perhatikan kalimat berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seolah janda dengan anaknya. Hari ini
tidak ada kepulauan asap di dapur. Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian …
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi
e. Koda
23 Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut …
a. Abstraksi
b. Koda
c. Reaksi
d. Orientasi
e. Krisis
24. Di bawah ini yang tidak termasuk unsur kebahasaan teks anekdot
adalah …
a. Menggunakan konjungsi
b. Penggunaan kalimat seru
c. Penggunaan kalimat perintah
d. Menggunakan kata nomina
e. Menggunakan kata kerja aks
25. Unsur kebahasaan pada teks anekdot di antaranya adalah
menggunakan kalimat retoris, yang dimaksud dengan kalimat retoris
adalah …
a. Kalimat yang mengandung pesan moral
b. Kalimat kata kerja aksi
c. Kalimat yang penuh dengan kelucuan
d. Kalimat yang tidak memerlukan jawaban
e. Kalimat yang didalamnya terdapat dialog
26. Bagian yang menunjukkan konflik cerita disebut …
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Koda
e. Reaksi
27. Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut …
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Koda
e. Reaksi
28. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa
kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad.
“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara Ali tadi,”
pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak ….!
Kutipan di atas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu …
a. Abstraksi
b. Krisis
c. Koda
d. Reaksi
e. Orientasi
29. Bagian cara penulis atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada
bagian krisis dalam struktur teks anekdot disebut …
a. Abstraksi
b. Krisis
c. Koda
d. Reaksi
e. Orientasi
30. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya
sebagai sarana untuk …
a. Memperbanyak masalah
b. Mempertahankan bangsa agar berpegang teguh terhadap
Pancasila
c. Memperoleh ilmu pengetahuan
d. Menyampaikan kritik terhadap persoalan yang sedang
dihadapi melalui sindiran
e. A dan B benar
31. Ciri bahasa yang dominan pada hikayat adalah …
a. Menggunakan bahasa Melayu
b. Banyak menggunakan konjungsi pada awal kalimat
c. Mengandung nilai-nilai kehidupan
d. Menggunakan bahasa yang sukar dipahami
e. Diceritakan secara lisan sehingga tidak diketahui penulisnya
32. Maka beberapa di antara itu ia juga membeli seekor tiung betina, lalu
dibawanya ke rumah dan ditaruhnya hampir sangkaran bayan juga.
Kata arkais yang digaris bawahi pada kalimat di atas memiliki makna …
a. Burung
b. Ayam
c. Angsa
d. Kayu
e. Emas
33. Bacalah penggalan cerita hikayat berikut!
Maka tiadalah terjawab oleh laki-laki itu. Maka disuruh oleh
Masyhudulhakk jauhkan laki-laki bedawi itu. Setelah itu maka
dipanggilnya pula orang tua itu. Maka kata Masyhudulhakk, “Hai
orang tua, sungguhlah perempuan itu istrimu sebenar-benarnya”.
Konjungsi yang menyatakan urutan waktu atau peristiwa pada
penggalan hikayat di atas adalah …
a. Kemudian
b. Lalu
c. Maka
d. Setelah itu
e. Selanjutnya
34. Cermati kutipan hikayat berikut!
Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang
bungsu sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Putri- putri raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di
danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah
mereka.
Ada dua nilai yang terkandung dalam kutipan tersebut …
a. Sosial dan moral
b. Agama dan moral
c. Budaya dan sosial
d. Edukasi dan sosial
e. Edukasi dan mora
35. Arkais pada cerita hikayat mempunyai maksud …
a. Bahasa Melayu tua
b. Kata resapan bahasa asing
c. Mempunyai maksud yang jelas
d. Alur yang didalamnya terdapat cerita yang lain
e. Kata yang sudah jarang digunakan
36. Unsur intrinsik hikayat adalah …
a. Tema, alur, nilai
b. Nilai, tokoh, latar
c. Latar, amanat, tema
d. Amanat, isi, koda
e. Abstraksi, argumentasi, koda
37. Tokoh dalam teks hikayat biasanya memiliki …
a. Kekurangan
b. Kegalauan
c. Kesaktian
d. Kesetiaan
e. Keunikan
38. Salah satu karakteristik hikayat adalah menggunakan alur berbingkai. Yang dimaksud dengan alur berbingkai adalah …
a. Alur maju
b. Alur mundur
c. Alur yang didamnya terdapat cerita yang lain
d. Alur campuran
e. Alur yang membahas tokoh lain
39. Perhatikan teks berikut ini!
Watuwe lalu mengingatkan agar Towjatuwa dan keturunannya tidak
membunuh dan memakan daging buaya. Apabila larangan itu dianggar
maka Towjatuwa dan keturunannya akan mati. Sejak saat itu
Towjatuwa dan anak keturunannya berjanji untuk melindungi binatang
yang berada di sekitar sungai Tami dari para pemburu.
Pesan moral yang terdapat dalam cerita tersebut adalah …
a. Harusnya orang makan daging
b. Pentingnya menepati janji
c. Harus menghormati orang lain
d. Kita harus pandai membahagiakan orang lain
e. Hendaknya memilih keluarga yang bisa memberikan
keturunan
40. Dalam karya sastra kita mengenali dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan
unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah …
a. Unsur yang menyusun sebuah karya sastra dalam yang
mewejudkan struktur suatu karya sastra.
b. Unsur yang membentuk karya sastra dari luarsastra itu sendiri.
c. Unsur kebahasaan
d. Unsur pembangun dalam hikayat
e. Unsur dari penulis berita.